Search
Close this search box.

Kolaborasi Prabowo Subianto dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Jakarta – Pesawat TNI AU Super Hercules C-130 (A-1340) berhasil melakukan penyaluran bantuan via udara (air dropping) bantuan dari RI ke Gaza, Palestina, Selasa (9/4). Misi ini adalah kolaborasi TNI dan tentara Royal Jordanian Air Force (RJAF) yang dimotori Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Raja Yordania Abdullah II.

Sebanyak 20 paket bantuan yang dikirim itu berupa makanan, air mineral hingga obat-obatan dengan berat masing-masing 100 kg. Bantuan dibawa dari King Abdullah II Airbase Airport di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36 WIB), lalu dikirimkan ke Gaza melalui metode penerjunan low cost low altitude (LCLA) di titik penerjuan bagian selatan (south dropping zone) di Gaza, pukul 16.50 WIB

Baca Juga :   Prabowo Subianto Visits Muhaimin, Analysts Predict: 'PKB Likely to Return'

“Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Yordania ini,” ujar Komandan Satgas (Dansatgas) Misi Pengiriman Bantuan Kolonel Pnb Noto Casnoto. 

Baca Juga :   Prabowo Subianto Welcomes Chinese Foreign Minister, Congratulated as President-Elect with the Highest Votes in History

Bantuan yang diturunkan dari atas ketinggian tersebut merupakan realisasi dari pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Madiun, Jumat (8/3) lalu. Saat itu, Jokowi mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi kesempatan untuk dapat memberikan bantuan ke Gaza lewat udara.

Kolaborasi antara Indonesia dan Yordania diawali saat Prabowo berbincang dengan Abdullah II via telepon, pada Selasa (12/3). Prabowo saat itu menyampaikan keinginan Jokowi agar Indonesia dapat mengirimkan bantuan langsung ke Gaza.

Baca Juga :   Hari Kedua Lebaran, Prabowo Subianto Keliling Kunjungi Kerabat dari Jokowi, ARB, Dasco, Zulhas hingga Airlangga

Kemudian, permintaan tersebut ditindaklanjuti oleh Abdullah II dengan meminta Duta Besar Yordania untuk Indonesia Sudqi Al Omoush bertemu Prabowo di Kementerian Pertahanan, pada Kamis (21/3), dan menyampaikan undangan langsung bagi Indonesia dalam partisipasi operasi peluncuran bantuan kemanusiaan ke Gaza via udara.

Baca Juga :   Menggema di Kalangan Pemuda: Popularitas Gibran Didorong oleh Generasi G

“Indonesia mengakui persahabatan abadi dengan Yordania karena kedua negara tetap berkomitmen untuk memupuk perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah, dan meningkatkan kerja sama bilateral untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama,” ujar Prabowo dalam pertemuan tersebut.

Selanjutnya, kerja sama antara TNI AU dengan RJAF pun dijalankan untuk melakukan misi dropping bantuan ke Gaza via udara bersama. Pengiriman bantuan tersebut berangkat dari Jakarta, Jumat (29/3) yang diangkut lebih dulu ke Yordania, baru kemudian diterjunkan dari atas ketinggian dengan pesawat Super Hercules C-130.

Baca Juga :   Akabri Alumni Reunion, Prabowo Subianto Reminisces and Praises Senior Training in the Military

Persahabatan Prabowo dan Abdullah II sudah terjalin lama, sejak Prabowo masih menimba ilmu di Fort Benning, salah satu lembaga pendidikan pasukan khusus militer terbaik di dunia, berlokasi di Amerika Serikat.

Baca Juga :   Prabowo Subianto's Eid al-Fitr Prayer in 1445 H with Residents of Bojong Koneng at Nurul Wathon Mosque, Hambalang

Indonesia menjadi salah satu negara yang tetap memperjuangkan kemerdekaan Palestina di seluruh forum Internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan tidak menjalin hubungan diplomatik apapun dengan Israel.

Sebelumnya, pada Rabu (24/1) Jokowi didampingi Prabowo menyerahkan secara simbolis pesawat Super Hercules C-130J-30 kepada TNI AU. Pesawat ini merupakan yang keempat dari total lima unit yang dipesan oleh Indonesia untuk memperkuat armada angkut matra udara.

Prabowo-Subianto-icon-bulet

Artikel Terkait

Baca Juga

Asta 7

Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi, narkoba, judi, dan penyelundupan. Aspek yang krusial dalam