prabowosubianto.com

Prabowo Subianto

Strategi Percepatan Pembangunan: Program Hasil Terbaik Cepat

Strategi Percepatan Pembangunan: Program Hasil Terbaik Cepat | 395558048_885500582943301_176981587916296338_n

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku Strategi Transformasi Bangsa: Menuju Indonesia Emas 2045]

Program Hasil Terbaik Cepat

Alhamdulillah, dalam hidup saya, saya berkesempatan jadi saksi dan belajar langsung kiat- kiat pembangunan bangsa dari Presiden Suharto, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo. Dari para Presiden yang telah pimpin pembangunan bangsa, saya menyimpulkan kalau kita perlu program-program yang konkrit, program-program yang langsung menyentuh akar masalah.

Seringkali di Indonesia, masalahnya bukan di konsep atau gagasan, tapi di implementasinya. Karena itu, untuk beberapa program pembangunan yang harus dilaksanakan untuk bangsa ini bisa take off jadi bangsa maju dan makmur, perlu ada pengawalan langsung dari pimpinan tertinggi negara.

Saya saksi bagaimana pengawalan langsung program- program pembangunan utama dilakukan oleh Presiden Suharto dengan memiliki Sesdalobang (Sekretaris Pengendalian Pembangunan), oleh Presiden SBY dengan memiliki UKP4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan) dan oleh Presiden Jokowi dengan KSP (Kantor Staf Presiden) serta instrumen lainnya.

Namun tidak jarang bahkan bisa dikatakan rutin Presiden Suharto, Presiden SBY, Presiden Jokowi langsung turun ke lapangan untuk cek pelaksanan program-program unggulan pembangunan. Karena waktu Presiden dan Wakil Presiden terbatas, perlu ada prioritisasi apa saja program-program unggulan yang harus bisa langsung oleh pimpinan tertinggi negara Indonesia.

Karena fokus utama dalam beberapa tahun ke depan haruslah di pembangunan manusia Indonesia, maka harus ada usaha ekstra untuk memastikan anak-anak Indonesia cukup gizi, sehat dan bisa mendapatkan ilmu dengan baik. Kita juga harus bisa berantas kemiskinan. Angka kemiskinan ekstrim harus segera turun ke 0%. Artinya program-program jaring pengaman sosial harus kita perkuat.

Setelah diskusi panjang dengan banyak ahli, berikut adalah delapan program unggulan yang saya percaya harus kita laksanakan dengan baik dalam waktu sesingkat-singkatnya. Program-program ini saya namai “Program Hasil Terbaik Cepat” karena akan menghasilkan hasil yang dibutuhkan oleh bangsa kita dengan cepat.

BERITA TERKAIT
TERKINI