prabowosubianto.com

Prabowo Subianto

Gibran Soroti Stunting di Daerah Kumuh: Harus Diintervensi dengan Sanitasi dan Drainase yang Baik

Gibran Soroti Stunting di Daerah Kumuh: Harus Diintervensi dengan Sanitasi dan Drainase yang Baik | JESS0007

Jakarta — Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka menginisiasi salah satu cara untuk mencegah stunting selain pemberian makan siang dan susu gratis kepada seluruh anak-anak di Indonesia, yakni juga dengan pembenahan lingkungan tempat tinggal masyarakat terutama wilayah yang tergolong kumuh.

Hal ini dijelaskan Gibran secara gamblang pada siaran Youtube bertajuk ‘Info A1: Kali Ini Gibran Bicara Panjang, Siap Debat?” yang diunggah pada Rabu (6/12/202).

“Yang paling penting, bukan anak dan ibunya saja. Tapi, juga misal daerah kumuh ini otomatis kalau ada daerah kumuh, pasti stuntingnya tinggi, perlu bedah rumah, sanitasi drainase yang baik, semua masalah terselesaikan,” jelas Gibran.

Adapun Gibran menyorot salah satu program yang digaungkan oleh pasangan Prabowo-Gibran yaitu pemberian makan siang dan susu gratis kepada anak-anak di sekolah, juga susu gratis untuk ibu hamil.

Ia juga mengatakan perlunya melakukan screening anak saat masa remaja, kesehatan para ibu juga perlu dimonitor hingga anaknya lahir.

“Pencegahan stunting dimulai dari remaja, jadi memang permasalahan stunting itu A-Z dan harus ada kerjasama lintas dinas. Kalau di Solo, di Dinas PUPR masalah pemukiman kumuh juga. Ya pokoknya lintas Dinas lingkungan, dan di beberapa RT-RW ada inisiasi kampung bebas rokok,” jelas Gibran. (SENOPATI)

BERITA TERKAIT
TERKINI