Search
Close this search box.

The Economist: Elektabilitas Prabowo Subianto Capai 50 Persen Menjelang Pilpres 2024

Jakarta – Survei terbaru dari media asal Inggris, The Economist, menunjukkan bahwa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, mendominasi elektabilitas menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam survei yang bertajuk “Who will be the next president of Indonesia?” tersebut, Prabowo unggul dengan 50 persen, mengalahkan pesaingnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Menurut hasil survei yang dipublikasikan pada Kamis, 25 Januari 2024, Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama dengan elektabilitas 50 persen, disusul oleh Ganjar Pranowo dengan 23 persen, dan Anies Baswedan dengan 21 persen. The Economist mencatat bahwa jika tidak ada kandidat yang meraih lebih dari 50 persen pada putaran pertama, kontestasi akan dilanjutkan pada bulan Juni.

Baca Juga :   Apa Sih Minuman Favorit Prabowo Subianto?

Dalam grafik elektabilitas yang ditampilkan, terlihat bahwa Prabowo Subianto mengalami peningkatan tren sejak awal 2023. Sebaliknya, Ganjar Pranowo yang sempat berada di posisi pertama pada awal 2023 mengalami penurunan, sementara Anies Baswedan fluktuatif.

Baca Juga :   The 'Official' Moment NasDem Agrees to Support Prabowo-Gibran Government

Survei The Economist juga melibatkan profil singkat para calon presiden. Prabowo Subianto, yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, dijelaskan sebagai calon presiden yang berjanji untuk melanjutkan warisan pembangunan Jokowi dan menganut paham “Jokowinomics.”

Baca Juga :   The 'Official' Moment NasDem Agrees to Support Prabowo-Gibran Government

Dalam tanggapannya terhadap hasil survei, Prabowo Subianto menyampaikan,

Baca Juga :   Prabowo-Gibran Fokus pada Rakornas Gerindra dan Penjangkauan Pemilih Muda

“Saya sangat terima kasih dengan kepercayaan begitu besar yang diletakkan di pundak saya. Kayaknya sekarang saya lihat banyak yang pakai baju biru muda. Agak optimis aku sekarang.”

Baca Juga :   Gibran Ajak Pendukung Tidak Tak Jelek-jelekkan Program Paslon Lain: Jangan Fitnah Dibalas Fitnah

Sementara itu, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Ganjar Pranowo disebut sebagai seorang teknokrat yang mengandalkan harapan keberhasilan pada kampanye akar rumput, sedangkan Anies Baswedan, yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, dijelaskan sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta berpengalaman dalam urusan luar negeri.

Baca Juga :   Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat untuk Prabowo Subianto: Semoga Sukses

Pada akhir artikel ini, Prabowo mengakhiri dengan harapan, “Saya berharap masyarakat terus memberikan dukungan, dan kami siap menjalani kampanye dengan semangat untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.” Dukungan terhadap Prabowo Subianto semakin tampak kuat, mengindikasikan pertarungan ketat menjelang Pilpres 2024. (SENOPATI)

Baca Juga :   Prabowo Subianto Ingin Pemerintahannya Fokus ke Lapangan Kerja dan Efisiensi
Prabowo-Subianto-icon-bulet

Artikel Terkait

Baca Juga