Search
Close this search box.

Hadiri HUT Hendropriyono, Prabowo Subianto Apresiasi Inisiatif Penghormatan terhadap Budaya Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi gagasan serta inisitif luar biasa dari Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal TNI (Purn.) AM Hendropriyono

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi gagasan serta inisitif luar biasa dari Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal TNI (Purn.) AM Hendropriyono yang pada hari ulang tahunnya meresmikan replika Istana Majapahit yang pernah ada di Jawa Timur pada tahun 1292 – 1526 M.

“Ini merupakan sebuah inisiatif, gagasan yang luar biasa dari Pak Hendropriyono,” kata Prabowo saat menghadiri acara peresmian replika Kraton Majapahit Jakarta yang berlokasi di kawasan Cipayung, Jakarta, Selasa (7/5).

Prabowo menambahkan, momen ini menjadi lebih spesial lantaran bertepatan dengan hari ulang tahun Hendropriyono. “Kebetulan hari ini juga ulang tahun Pak Hendro, saya bisa lihat fisik sepertinya Pak Hendro masih lama ini,” kata Prabowo yang kemudian disambut tawa para hadirin.

Baca Juga :   Gemilang di Panggung Debat: Prabowo Puji Performa Memukau Gibran dalam Pilpres 2024

Pembangunan replika Istana Majapahit ini disebut Prabowo sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan budaya dan warisan tanah air. “Ini luar biasa, membanggakan. Kalau bukan kita yang menghormati dan menghargai budaya kita sendiri, siapa lagi? Tidak ada orang lain yang akan menghormati (budaya) kita, kalau kita sendiri tidak menghormatinya,” ungkap Prabowo.

“Dan inilah sekarang, cara-cara kita untuk selalu melestarikan dan menghormati budaya kita. Jadi, saya sangat kagum. Saya ucapkan selamat, luar biasa,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pertemuan Menteri Pertahanan dan Pertanian: Langkah Konkret Menuju Ketahanan Pangan

Pada kesempatan yang sama, Prabowo turut menandatangani prasasti untuk Kraton Majapahit yang bertuliskan “Replika Kraton Majapahit Jakarta ini merupakan Gelombang Kebangkitan Bangsa Indonesia di bidang Kebudayaan Demi Membangun Kepribadian Bangsa yang Berdaulat di Bidang Politik dan Mandiri di Bidang Ekonomi Nasional.”

Selanjutnya, Prabowo mendapat cendera mata berupa patung Pangeran Diponegoro dari Hendropriyono. “Rupanya beliau ngefans dengan Pangeran Diponegoro. Jadi, saya buatkan patung Pangeran Diponegoro,” ungkap Hendro dalam sambutannya.

Replika Kraton Majapahit ini dibangun seperti aslinya pada masa lalu dengan skala kecil dan terdiri dari sejumlah fasilitas layaknya Kraton Majapahit yang sebenarnya, seperti Taman Madakaripura, Pendopo Maharaja Hayam Wuruk, Balairung Mahapatih Gajah Mada dan Alun-Alun Wilwatikta.

Baca Juga :   Prabowo akan Kirim Timnas U-20 Latihan di Qatar: Saya Percaya Sepak Bola Indonesia akan Maju

Acara persemian tersebut turut dihadiri sejumlah purnawirawan TNI dan pejabat, di antaranya Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno; Jenderal TNI (Purn) Wiranto; Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar; Ketua MPR RI Bambang Susatyo; Menko PMK Muhadjir Effendy; Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; Menkominfo Budi Arie, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit P.; KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko; serta Ketua LVRI Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri.

Prabowo-Subianto-icon-bulet

Artikel Terkait

Baca Juga

Free Lunch Program

By: Hamdan Hamedan The ‘State of School Feeding Worldwide 2022’ report by the World Food Programme (WFP) reveals that the

20230824233534_DNF_8196

By: Prabowo Subianto [excerpted from “Strategic Transformation of the Nation: Towards Golden Indonesia 2045”, pages 15-19, 4th softcover edition] Indonesia