prabowosubianto.com

Prabowo Subianto

ASTA CITA

ASTA CITA | asta

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku Strategi Transformasi Bangsa: Menuju Indonesia Emas 2045]

Perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan makmur tidak akan mudah jika kita tidak memiliki cita-cita yang kuat.

Untuk bisa berhasil melaksanakan 8 Program Hasil Terbaik Cepat dan 17 Program Prioritas, kita perlu memiliki kesamaan cita-cita. Cita-cita pembangunan bangsa menuju Indonesia Emas ini saya simpulkan dalam 8 butir ‘Asta Cita’ berikut.

Cita-cita 1:

Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).

Cita-cita 2:

Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi syariah, ekonomi digital, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

Cita-cita 3:

Melanjutkan pengembangan infrastruktur dan meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif serta mengembangkan agro-maritim industri di sentra produksi melalui peran aktif koperasi.

Cita-cita 4:

Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda (generasi milenial dan generasi Z), dan penyandang disabilitas.

Cita-cita 5:

Melanjutkan hilirisasi dan mengembangkan industri berbasis sumber daya alam untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

Cita-cita 6:

Membangun dari desa dan dari bawah untuk pertumbuhan ekonomi, pemerataan ekonomi, dan pemberantasan kemiskinan.

Cita-cita 7:

Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi, narkoba, judi, dan penyelundupan.

Cita-cita 8:

Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Insya Allah, jika kita memiliki kesamaan cita-cita untuk pembangunan bangsa kita selama 5 tahun ke depan, jika kita sama-sama berdoa dan berupaya untuk wujudkan 8 Asta Cita ini, kita akan dapat berhasil dalam tugas kita.

BERITA TERKAIT
TERKINI