Search
Close this search box.

2024, Tahun dimulainya Makan Siang Gratis di Setiap Sekolah dan Pesantren di Indonesia?

Foto: rmol.id

Pada 2 Oktober 2023, koran Daily Mirror di Inggris menulis headline utama: Free School Meals Fight: Do the right thing, PM. Celebs back Mirror campaign to give every child a chance.

Headline ini dilatari dukungan puluhan selebritis dan tokoh publik di Inggris agar setiap anak SD di Inggris mendapat makan siang gratis di sekolah. Sebelumnya ada wacana Pemerintah Inggris untuk beri makan siang gratis hanya untuk anak dari keluarga prasejahtera (seperti keluarga PKH di Indonesia).

Pendukung makan siang gratis untuk semua anak termasuk musisi Ed Sheeran yang akan manggung di Jakarta bulan Maret 2024 ini, Kate Winslet yang terkenal lewat film Titanic, Masterchef Tom Kerridge, Nadiya Hussain, Olivia Colman, dan Brian Cox.

Baca Juga :   Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Resmi Dukung Pasangan Prabowo-Gibran dan Siap Berperan Aktif dalam Kampanye Pemilu 2024

Para tokoh ini menulis ke PM Inggris Rishi Sunak: "Hungry children can't learn. Free meals for all would mean every child can succeed." – Anak yang lapar tidak bisa belajar. Makan siang gratis untuk semua artinya semua anak bisa sukses.

Baca Juga :   Prabowo Subianto Kenang Ibunda di Kampung Halaman Langowan, Nyanyikan Lagu 'Sio Mama'

Di Inggris, seperti halnya di 76 negara lain anggota School Meals Coalition, makan siang gratis di sekolah adalah hak setiap anak yang disediakan oleh negara. Makan siang gratis terbukti beri manfaat tidak hanya untuk anak penerima, tapi juga keluarga, petani, peternak, nelayan dan UMKM.

Tidak hanya di Inggris, di tahun 2024 ini makan siang gratis jadi salah satu topik yang banyak dibahas publik Indonesia karena menjadi janji utama kampanye Calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo Gibran.

Baca Juga :   Prabowo Doakan Timnas Indonesia Buat Kejutan Lawan Australia

Setelah dicibir oleh lawan politiknya, menjadi jelas bahwa ada atau tidak adanya makan siang gratis di sekolah sangat bergantung pada terpilih atau tidaknya Prabowo Gibran pada 14 Februari 2024.

Artinya, 14 Februari 2024 bukan hanya soal memilih Presiden-Wakil Presiden, tapi juga adalah referendum gizi untuk setiap anak usia sekolah di Indonesia.

Kalau saja para artis dan tokoh di atas mengetahui soal ini, mereka juga pasti akan dukung nomor 2 di Pemilu Indonesia 14 Februari 2024.

Prabowo-Subianto-icon-bulet

Artikel Terkait

Baca Juga